Kamis, 03 Desember 2015

Keripik Belut, Makanan Unik dan Langka

Inilah Mengapa Keripik Belut Langka dan Unik



Ada banyak jenis keripik di indonesia, sebut saja mislanya keripik pisang, tahu, tempe, singkong dan umbi-umbian lainnya, yang kesemuanya itu bisa kita jumpai hampir diseluruh penjuru Indonesia. 

Namun lain halnya dengan keripik belut ini, dari kunjungan saya ke beberapa kota, seperti Cirebon, bandung, jakarta dan Surabaya keripik yang satu ini tidak mudah bisa saya jumpai, setelah saya amati, ada beberapa kemungkinan mengapa keripik ini tidak selalu ada di beberapa kota, antara lain:
  • Kelangkaan bahan baku
Kita tahu bahwa habitat belut itu berada di sawah dan rawa-rawa, sedangkan pada kota-kota besar yang banyak gedung pencakar langitnya, lahan sawah sangat sempit atau bahkan tidak ada sama sekali, jadi kemungkinan memproduksi barang yang minim suplai bahan bakunya menjadi kendala tersendiri
  • Pengetahuan akan proses pembuatannya
Memproduksi sesuatu tentulah harus ada ilmunya, apalagi ini berhubungan dengan makanan, sesuatu yang boleh dikatakan sangat sensitif bagi penggemar kulineran. selain itu pengetahuan akan makanan olahan juga bisa menjadi penyebabnya, bagaimana mungkin kita mau mengolah makanan yang kita sendiri belum tahu mau di olah seperti apa, dan bagaimana caranya.
  • Tidak terpikirkan akan adanya peluang bisnis
Boleh jadi, di daerah tersebut bahan baku cukup memadai, dan cara mengolah belut menjadi keripik pun sudah dimiliki, namun belum terpikirkan akan adanya peluang bisnis yang cukup bagus di bidang ini, akibatnya produksi keripik belut hanya sebatas untuk konsumsi saja, tidak sampai menjualnya ke pasaran.

Itulah kira-kira mengapa tidak semua daerah ada keripik belutnya, sebab menurut saya keripik yang satu ini unik, karena bahan baku dan proses pembuatannya yang cukup menarik perhatian. Selain unik keripik belut ini boleh di bilang langka, hanya daerah tertentu saja yang ada, itupun boleh jadi, daerah yang ada keripik belutnya merupakan kiriman dari daerah lain yang memasok ke wilayahnya.

Nah, jika anda penasaran dengan keripik belut ini, maka jawabannya adalah, keripik tersebut akan mudah kita jumpai di Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. sebab di wilayah tersebut, terdapat puluhan pedagang keripik belut yang sekaligus sebagai produsen.

Related Posts

Keripik Belut, Makanan Unik dan Langka
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.